ASIA87 Peduli Buka Puasa Bersama 1000 Anak Yatim & Dhuafa

Asia87 Foundation, sebuah yayasan yang didirikan oleh para alumni Sekolah Islam Al Azhar angkatan 1987, kembali menggelar acara buka puasa bersama 1000 anak yatim dan dhuafa untuk kali keenam, di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Sabtu, 2 Juni 2018.

1527947161

Chicha Koeswoyo dan Shanty Sys NS menyerahkan sumbangan kepada sebuah panti asuhan

Menurut Shanty Sys NS, ketua pelaksana Asia87 Peduli, seperti tahun-tahun sebelumnya Asia87 Peduli kembali mengadakan kegiatan sosial unggulan berupa buka puasa bersama yang dihadiri oleh 1000 anak yatim dari 20 panti asuhan di Jakarta dan sekitarnya. Dalam acara ini juga diberikan kado Lebaran untuk anak yatim dan dhuafa.

“Kegiatan yang mengusung tema ‘Hatiku Riang Kala Ku Berdendang’ ini, sekaligus menjadi wadah silaturahmi rekan-rekan dari Asia87, donatur, sponsor, mitra kerja, relawan dan juga guru-guru,” kata Shanty.

Tema tersebut dipilih sebagai upaya Asia87 Peduli untuk terus menumbuhkan kesadaran bagi semua kalangan, terutama generasi muda, agar tidak pernah berhenti peduli dan terus menyalurkan energi positif dengan berkontribusi aktif melalui musik dan seni.

“Hal ini, sejalan dengan tujuan kami untuk membantu menanamkan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan berkarya khususnya di bidang sosial, keagamaan, pendidikan, dan seni budaya, sesuai dengan misi utama kami Berkarya untuk Negeri,” tambahnya.

Acara yang dimulai sejak pukul 13.00 WIB untuk registrasi, dibagi menjadi dua segmen. Segmen pertama dibuka tepat pukul 14.00 WIB diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh seorang hafiz cilik, dilanjutkan lagu kebangsaan Indonesa Raya oleh Agria Swara IPB Choir. kemudian runtutan penampilan pentas seni disuguhkan oleh Agria Swara IPB Choir, talkshow musik dan tari oleh Gianti Giadi, dan ditutup dengan performa indah dari vokal Yara. Acara diistirahatkan sejenak selama 50 menit untuk salat ashar saling bergantian setiap panti asuhan, dan para tamu.

Shanty menambahkan, pihaknya merasa sangat senang dan bahagia melihat anak-anak yatim dan dhuafa dapat bergembira, menikmati dengan senyum kebahagiaan, dan membantu mereka dalam melupakan sejenak keadaan sulit yang dihadapi.

“Kami juga menyampaikan amanah dari para donatur untuk memberikan seluruh anak yatim dan dhuafa yang hadir, kado lebaran dan sejumlah bingkisan berupa makanan, snack, peralatan tulis, tas sekolah dan juga uang tunai,” tambahnya.

Wakil ketua pelaksana Asia87 Peduli, Chicha Koeswoyo, mengungkapkan, dalam acara ini juga ditanamkan agar dapat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman terdekat, untuk berbagi keceriaan bersama, bersama-sama membagi rezeki yang kita miliki kepada mereka yang membutuhkan.

“Selain itu, juga untuk menguji iman dan kesabaran kita masing-masing sebagai umat muslim di bulan yang penuh rahmat, suci dan maghfiroh bulan Ramadan,” jelasnya.

_20180605_112918

Usai melaksanakan salat ashar, acara dilanjutkan kembali hingga waktu berbuka puasa tiba. Segmen kedua ini diawali dengan penampilan drama tari musikal nan apik dari Gigi Art of Dance dengan judul ‘Hatiku Riang Kala Ku Berdendang’ berdurasi 45 menit. Kisah inspiratif tentang Kisha yang pemurung, bahkan sulit diajak komunikasi oleh Ayah Ibunya. Singkat cerita, Kisha dan orang tuanya berlibur ke pulau Hepia yang sebenarnya bukan pulau tujuan mereka. Di sana Kisha bertemu seorang teman baru bernama Ahsik yang mampu mengubah mood dan sifat Kisha. Sesampainya di Jakarta kembali, Kisha menyadari bahwa kekuatannya ada di dalam dirinya sendiri. Dia bersyukur mempunyai sesuatu dalam dirinya yang bisa dibagi kepada orang lain.

Semua penampilan, baik drama, musik, lagu, maupun tari, ditampilkan dengan sangat elok oleh Gigi Art of Dance. Semakin mengharukan karena ditutup oleh tarian dari anak-anak ‘berkebutuhan khusus’ yang bergerak dengan luwesnya.

Setelah penampilan Gigi Art of Dance, secara berurutan acara yang ditampilkan hingga waktu berbuka puasa dan sesudahnya, antara lain penampilan dari penyanyi cilik idola, Naura, pemberian santunan kepada 1000 anak yatim dan dhuafa yang hadir, sambutan tamu VVIP, pemberian penghargaan untuk donatur dan sponsor acara, kultum dan doa berbuka puasa oleh dr. Aisah Dahlan, buka puasa bersama, penampilan Rampak Bedug Kampung Seni Yudha Asri, makan malam, dan penutup. Sambil bergantian salat magrib oleh para hadirin di musala yang terdapat di Plaza Semanggi.

Kebahagiaan pun terpancar dari wajah 1000 anak yatim dan dhuafa yang disantuni oleh Asia87 Peduli ini, juga tentunya menjadi kebahagiaan dari pihak penyelenggara, dan tamu-tamu yang hadir. Sampai berjumpa di acara yang sama pada bulan Ramadan tahun depan. InsyaAllah.

=====================

Penulis: Prast
Foto: Prast, Terry Endropoetro, Yopi Saputra

Advertisements

7 thoughts on “ASIA87 Peduli Buka Puasa Bersama 1000 Anak Yatim & Dhuafa

  1. Pingback: berdendang bersama kebahagiaan ramadhan – tindak tanduk arsitek

  2. ipoy satria

    subahanullah eventnya mulia sekali ya kak, semoga para donatur, dan orang2 yang beramal selalu diberi rezeki lebih agar senantiasa beramal kebaikan ya kak. kerennn
    Yopi saputra

    Like

    Reply
    1. Prast Post author

      Iya, Yopi. Iri pengin bisa seperti mereka. Makin banyak berbagi dengan ikhlas, makin ditambah rezekinya sama Allah, bukan malah berkurang. Keren!

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s